Tidak sebandingnya jumlah penyedia layanan kalibrasi alat kesehatan dengan jumlah penyedia layanan serta belum adanya sistem informasi layanan kalibrasi menyebabkan lamanya waktu penyelesaian layanan kalibrasi. Menjawab permasalahan kebutuhan pelayanan kalibrasi yang cepat sesuai dengan ekspektasi pelanggan maka BLKK Dinkes DIY mengembangkan inovasi CATALIS SI LAYANG KALEGAN ( Sistem Informasi Layanan KalibrasiAlat Kesehatan Berorientasi Pelanggan ).
CATALIS SI LAYANG KALEGAN memiliki 3 entitas, yaitu entitas pelanggan, petugas, maupun manajemen. Melalui aplikasi ini, pelanggan dengan cepat dapat mendapatkan layanan informasi ( misalnya tentang tarif), pendaftaran, info tagihan, penjadwalan uji kalibrasi, hingga akses hasil kalibrasi secara on line langsung dari gawai . Reporting dashboard memungkinkan manajemen melakukan evaluasi untuk pengembangan inovasi.
Jumlah pelanggan kalibrasi di BLKK meningkat dari 36 sebelum inovasi ( tahun 2019) menjadi 133 setelah 2 tahun inovasi (2022).Jumlah alat yang dikalibrasi di BLKK meningkat dari 232 (2019) menjadi 1312 ( 2022).