Upaya Pelayanan


Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Labkes Yogyakarta melayani pemeriksaan laboratorium dan kegiatan rujukan dalam bidang patologi klinik, mikrobiologi, kimia kesehatan, dan immunologi.

Dalam rangka mewujudkan kepuasan kepada pelanggan, maka BLK Yogyakarta selalu memberikan data dan informasi yang akurat, tepat, dan akuntabel serta menindaklanjuti setiap saran, kritik, bahkan pengaduan dari pelanggan. Selain itu, dalam upaya memberikan pelayanan pemeriksaan laboratorium sesuai standar mutu sebagai bentuk layanan yang mengapresiasi kebutuhan masyarakat masa kini yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, maka BLK Yogyakarta telah terakreditasi dan tersertifikasi, antara lain sebagai berikut :
  • Sejak tahun 2006 telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) berdasarkan SK Menkes No. 943 tahun 2002 dan mendapatkan status Akreditasi Penuh sesuai SK Dinas Kesehatan Provinsi DIY tanggal 14 Januari 2006 No. 445/0299/IV.2.
  • Sejak tanggal 25 September 2008 Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan sertifikat ISO/IEC.17025:2005 No. LP.398.IDN sebagai laboratorium penguji.
  • Pada tanggal 08 Agustus 2010, Balai Laboratorium Kesehatan telah mendapatkan sertifikasi dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup sebagai Laboratorium Lingkungan dengan nomor 0023/LPJ/LABLING-1/LRK/KLH dan telah ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 337/KEP/2010 tentang Penunjukan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi DIY sebagai Laboratorium Lingkungan pada tanggal 28 Desember 2010.
  • Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 Quality Management Systems dengan Nomor Reg. QEC30470 Tanggal 15 November 2013
Program Unggulan
Beberapa kegiatan di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta merupakan program unggulan saat ini. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain :
  • Satu-satunya laboratorium kesehatan di Indonesia yang mampu membuat antigen F1 untuk pemeriksaan Serologi Pes, yang hasilnya setara dengan produk dari Ford Collins Amerika Serikat.
  • Memelihara 209 spesies strain kuman yang sangat bermanfaat untuk penelitian/pendidikan dan Program Pemantapan Mutu Eksternal Mikrobiologi.
  • Pemeriksaan isolasi virus campak (untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah).
  • Sebagai laboratorium rujukan pemeriksaan NAPZA.
Pada tahun ini Labkes Yogyakarta juga telah melayani program pemeriksaan resistensi malaria, pemeriksaan resistensi BTA, pemeriksaan biomolekuler dengan metode PCR seperti pemeriksaan HCV dan BTA, uji potensi, aktivitas antibiotika dan CD4. Selain untuk pelayanan laboratorium, program tersebut juga dilakukan dalam rangka mendukung penelitian yang diadakan di Labkes Yogyakarta baik oleh institusi pemerintah maupun swasta serta perorangan.