Seperti yang diketahui, virus Corona terus bermutasi agar bisa bertahan

Share This Post


Seperti yang diketahui, virus Corona terus bermutasi agar bisa bertahan hidup. Bahkan, beberapa mutasinya mendapatkan perhatian tersendiri karena menimbulkan tingkat infeksi yang tinggi.

Atas kemunculan berbagai mutasi Corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasi nya menjadi variant of interest (VOI) dan variant of concern (VOC).

Dikutip dari laman resmi WHO, sebuah mutasi dapat dikategorikan sebagai VOC jika:

– Mutasi menimbulkan peningkatan atau perubahan yang merugikan dalam sisi epidemiolog COVID-19
– Terjadi peningkatan keparahan penyakit
Menimbulkan penurunan efektivitas vaksin, alat diagnostik, hingga tindakan kesehatan dan sosial lainnya.
– Dalam data terbaru WHO, saat ini hanya tersisa satu varian yang masuk dalam kategori VOC atau varian yang mengkhawatirkan yakni varian Omicron. Varian ini merupakan pango lineage B.1.1.529.

Termasuk di antaranya, subvarian Omicron BA.1, BA.2, BA.3, BA.4, BA.5 dan garis keturunan lainnya yang muncul dengan karakteristik serupa, seperti varian XE.

“WHO menekankan bahwa garis keturunan ini harus dipantau sebagai garis keturunan yang berbeda dan dilakukan penilaian komparatif dari karakteristik virus oleh otoritas kesehatan masyarakat,” tulis keterangan resmi WHO, dikutip Sabtu (25/6/2022)

Selengkapnya di @detikhealth
Source

Informasi Lainnya

Berita

Pencegahan DBD di Musim Hujan

Musim hujan, terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan oleh masyarakat, seperti tas bencana untuk menghadapi banjir, hingga sistem imun yang baik untuk menghadapi potensi paparan

Berita

Tarif Layanan Baru

Menindaklanjuti  Peraturan  Gubernur  Daerah  Istimewa  Yogyakarta nomor  24 tahun  2022 tentang Tarif  Pelayanan  pada BLUD  Balai  Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Dinas Kesehatan DIY kami informasikan

Informasi

Pelayanan pada Peringatan Hari  Raya Idul Adha

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2022 tentang panduan Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi dan