Mengenal Istilah Penyakit Endemi, Pandemi, dan Darurat Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Wabah virus corona menghantui seluruh dunia. Saat ini tercatat virus penyebab pneumonia Wuhan atau pneumonia China sudah menyebar sampai ke Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya.

Di dunia epidemiologi atau ilmu yang mempelajari pola penyebaran penyakit, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan penularan penyakit selain epidemi dan pandemi. Ada beberapa istilah yaitu wabah, endemi, epidemi, dan pandemi.

Apa bedanya?


Wabah adalah adalah munculnya penyakit di masyarakat. Berbeda dengan penularan masif, wabah dikategorikan dengan jumlah orang yang terjangkit jauh lebih banyak. Penyakit yang menyerang juga terjadi di musim-musim tertentu.

Kriteria wabah sendiri adalah penyakit baru yang tak diketahui atau penyakit yang baru muncul di daerah tersebut. Penyakit yang sudah lama tak menjangkiti masyarakat di sana juga bisa disebut wabah.

Dalam urutan ini, wabah adalah bagian 'paling kecil' dari penularan penyakit.

Usai penyakit mewabah, penularan selanjutnya adalah epidemi.

Epidemi sebenarnya mirip dengan wabah. Hanya saja jangkauannya jauh lebih luas dan penularannya terjadi dengan cepat. Salah satu contohnya adalah kasus epidemi SARS pada 2003 lalu atau malaria di Liberia.

Di tingkat penyebaran yang lebih luas, epidemi berubah menjadi endemi. Endemi adalah pentakit yang menyerang lingkup yang lebih kecil dibanding pandemi, misalnya satu negara saja, wilayah, atau benua.

Contoh penyakit endemi adalah ebola yang berada di daerah sub-Sahara Afrika.

Mengutip berbagai sumber, WHO mendefinisikan pandemi sebagai penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia. Tercatat ada beberapa penyakit pandemi yang paling mematikan sepanjang sejarah, salah satunya cacar, campak, tipus, flu spanyol, black death, HIV/AIDS.

"Epidemi itu terjadi di satu lingkungan terbatas  atau negara saja. Pandemi seluruh dunia atau beberapa benua," kata Amin Soebandrio profesor spesialis mikrobiologi klinik, guru besar FKUI sekaligus kepala lembaga biologi molekuler Eijkman kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/1).

Kasus virus corona

Bagaimana dengan virus corona? Apakah virus corona penyebab pneumonia Wuhan atau pneumonia China ini termasuk dalam kategori endemik atau pandemik? Wabah ini belum secara resmi dikonfirmasi sebagai endemi atau pandemi.

Namun Amin mengungkapkan bahwa virus corona ini tidak termasuk dalam semua kategori di atas.

"Virus corona sekarang kalau menurut definisi WHO tidak memakai istilah endemi atau pandemi," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa virus corona termasuk dalam PHEIC (public health emergency of internasional) atau kedaruratan kesehatan yang meresahkan dunia.

"(Karena ini) Bukan benua karena ada beberapa negara termasuk dalam satu regional, WHO kalo sudah lebih dari dua itu PHEIC."

Berdasarkan buku saku Panduan Petugas Kesehatan Tentang International Health Regulations (IHR) 2005 Kemenkes RI ada beberapa kriteria wabah penyakit dinyatakan sebagai PHEIC atau darurat kesehatan.

1. Berdampak/berisiko tinggi bagi kesehatan masyarakat.
2. KLB atau sifat kejadian tidak diketahui.
3. Berpotensi menyebar secara internasional.
4. Berisiko terhadap perjalanan ataupun perdagangan.