Tips Berbuka dan Sahur yang Sehat

Tips Berbuka dan Sahur yang Sehat

Tips Berbuka dan Sahur yang Sehat
1.Segeralah berbuka ketika mendengar adzan maghrib berkumandang.
2.Mulailah berbuka dengan yang manis, seperti kurma, teh manis hangat dan buah-buahan. Kolak kurang dianjurkan untuk berbuka, karena kandungan santan (lemak nabati) dan gula nya yang terlalu banyak akan membuat kerja saluran pencernaan sedikit lebih berat ( kaget karena sebelumnya saluran pencernaan beristirahat)
3.Sebaiknya hindari minuman dengan es saat berbuka karena akan menyebabkan perut merasa cepat kenyang, sehingga makan menjadi sedikit. Hal ini dapat menyebabkan tubuh akan kekurangan zat-zat gizi yang diperlukan.
4.Saat berbuka makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Upayakan makan bertahap, tidak sekali langsung banyak, lanjutkan setelah sholat tarawih.
5.Konsumsilah beraneka ragam makanan untuk memenuhi kelengkapan kandungan gizi nya. 
6.Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
7.Bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).
8.Saat sahur pilih bahan makanan yang tinggi serat baik dari nabati maupun hewani. Buah, sayur dan daging mengandung banyak serat. Serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga mampu menunda lapar lebih lama.
9.Perbanyak konsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan air dalam sehari.

  • Ditulis oleh Raden Sanjoyo
  • 1 Oct 2014 19:53
  • komentar

Komentar