Alat Tensi

Share This Post

Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut – 120 /80 mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole.

Tensimeter atau Sphygmomanometer adalah alat ukur yang dibuat untuk mengukur tekanan darah, alat ini dibuat pertama kali oleh Samuel Siegfried Karl Ritter von Basch pada tahun 1881, dan dikembangkan lebih lanjut oleh Scipione Riva-Rocci (1896), dan Harvey Cushing (1901). Alat ini memiliki 2 versi, yaitu digital (a) dan analog (b). Pada Tensimeter digital menggunakan layar untuk menunjukkan tekanan darah seseorang, sedangkan versi analognya menggunakan jarum untuk menunjukkan tekanan darah.

Digital Pressure Meter (DPM) adalah perangkat yang dirancang untuk mengukur tekanan dari perangkat medis dalam bentuk cair atau gas untuk membantu mengkalibrasi alat medis, dalam hal ini kalibrasi Tensimeter atau Sphygmomanometer.

Non-Invasive Blood Pressure (NIBP) Simulator adalah perangkat yang digunakan untuk menguji dan menganalisis alat NIBP. NIBP simulator juga bisa mensimulasikan tekanan darah untuk menguji fungsi dan unjuk kerja alat kesehatan baik neonatal maupun adult non-invasive blood pressure.

Dengan adanya nilai standart pengukuran tekanan darah pada tensimeter, pengukuran dan pembacaan tekanan darah harus dilakukan dengan tepat, hal ini dikarenakan menyangkut kesehatan dan keselamatan pasien dari hasil pemeriksaan tekanan darah dengan tensimeter, oleh karena itu perlu dilakukan kalibrasi untuk menentukan nilai kebenaran suatu tensimeter dengan cara membandingkannya terhadap standart ukur yang tertelusur.

Dalam hal ini kalibrasi tensimeter jarum atau aneroid dapat dilakukan dengan alat kalibrasi DPM, sedangkan untuk alat tensimeter digital dapat menggunakan NIBP Simulator. Kegiatan  Kalibrasi tensimeter dengan menggunakan alat ukur standar dengan cara membandingkan nilai skala ukur pada penunjukan jarum/display  tensi meter dengan alat ukur standar.

Dalam kalibrasi kondisi lingkungan harus diatur sesuai persyaratan metode kalibrasi seperti suhu dan kelembaban. Suhu yang diijinkan adalah 20°C dengan tingkat kelembaban sekitar 60-70%. Karena pada kondisi suhu ini, alat ukur relatif stabil. Berdasarkan pengukuran dan perbandingan data yang dilakukan sebanyak 3 kali didapat hasil.

 Sumber : wikipedia

Informasi Lainnya

Berita

Tarif Layanan Baru

Menindaklanjuti  Peraturan  Gubernur  Daerah  Istimewa  Yogyakarta nomor  24 tahun  2022 tentang Tarif  Pelayanan  pada BLUD  Balai  Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Dinas Kesehatan DIY kami informasikan

Informasi

Pelayanan pada Peringatan Hari  Raya Idul Adha

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2022 tentang panduan Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi dan